[HOT] Cara Membuat Blog Menjadi SEO Friendly

Cara Membuat Blog Menjadi SEO Friendly
Membuat blog menjadi SEO Friendly
Cara Membuat Blog Menjadi SEO Friendly- Mempunyai blog yang SEO friendly pasti merupakan harapan semua blogger, namun mungkin bagi blogger baru untuk membuat blog yang seo friendly itu adalah hal yang cukup sulit untuk di lakukan. 


Mempunyai blog yang SEO Friendly merupakan syarat utama untuk bisa bersaing di SERP Search Engine. Namun untuk membuat blog yang SEO Friendly itu tidak boleh di lakukan dengan asal-asalan. Jadi harus memenuhi aturan-aturan tertentu.
Blog yang SEO fiendly mempunyai banyak keuntungan:

Dari segi SEO


  • Blog Posisi di serp akan semakin bagus, yang akibat nya adalah betambahnya visitor.
  • Blog mendapat penghargaan dari google.
  • Blog lebih mudah diindeks oleh mesin pencari.

Dari segi kenyataan


  • Banyak blogger yang ingin belajar dari kalian.
  • Bisa menjadi sedikir terkenal, karena blog nya juga terkenal.
  • Memiliki banyak teman. Dll

Manfaat yang saya tulis di atas hanyalah beberapa saja, masih banyak manfaat yang lainnya. Secara garis besar SEO di optimasi atas dua kelompok.

SEO Onpage
SEO Offpage

Untuk artikel kali ini saya akan memberikan optimasi seo campuran, jadi kita akan mengoptimasi blog dengan dua kelompok di atas yaitu seo onpage dan seo offpage

Jika ada dua optimasi,  lalu pentig mana, SEO Onpage atau SEO Offpage?

Jika kalian mempunyai pertanyaan seperti itu kepada saya maka akan langsung saya jawab penting semua, baik seo onpage atau seo offpage. Sebenarnya baik seo onpage atau seo offpage intinya sama saja yaitu untuk mengoptimasi blog. Yang membedakan hannya di mana posisi kita mengoptimasi nya. SEO Onpage di lakukan di dalam blog itu sendiri, sedang SEO Offpage optimasi SEO dari luar blog.

Jika keduanya sama-sama penting, mana dulu yang harus saya optimasi?

Kalau kalian ingin mengoptimasi blog dan kalian bingung untuk mengoptimasi yang mana terlebih dahulu, SEO Onpage atau SEO Offpage, maka sebaiknya kalian melakukan seo onpage terlebih dahulu.
Seo onpage didasarkan untuk mengoptimasi blog kita dari dalam, dan seo offpage di dasarkan untuk megoptimasi blog dari luar. Kita ibaratan saja seo onpage sebagai isi dan seo offpage sebagai kulit.

Jika kita mengoptimasi pada kulitnya terlebih maka yang tampak adalah kebaikan dari luar sedangkan dalamnya, bagaimana?, ya sudah barang tentu dalamnya jelek. Berbeda dengan pengoptimasian pada isinya terlebih dahulu, meskipun luarnya akan terlihat sedikit jelek tapi dengan isi yang bagus maka dengan begitu blog akan menjadi bagus, yang dimaksud bagus disini adalah tanggapan baik dari pembaca ataupun search engine. Nah setelah dalaman blog menjadi bagus maka kalian di perbolehkan melakukan optimasi seo offpage.

Lalu bagaimana cara mengoptimasi blog agar menjadi seo friendly?

 Nah seperti yang saya bilang di atas kalau cara mengoptimasi blog itu ada dua yaitu optimasi SEO Onpage dan optimasi SEO Offpage, dan juga sudah saya katakan kalau artikel kali ini akan membahasnya secara campuran. Untuk melakukan optimasi SEO supaya blog menjadi seo friendly sangat banyak, namun disini saya hannya menulis beberapa.

SEO Friendly 1 : Buatlah konten artikel yang bagus

Artikel yang bagus adalah rajanya dari optimasi seo, artikel yang bagus juga merupakan daya tarik utama kepada pembaca untuk mengunjungi blog kita. Kita tengok saja blog milik Pak Mario Teguh, jika kalian mencari blog tersebut dari google, pasti kalian tidak akan  menemukannya karena blog tersebut sudah di beri kode supaya tidak terlacak google, namun walaupun begitu blog beliau selalu ramai akan pengunjung, itu tidak lain adalah karena saking bermanfaatnya artikel yang ada di blog beliau. Jadi dengan kita melihat contoh tersebut kita akan mengetahui kalau konten artikel blog yang bagus adalah raja. untuk membuat artikel yang bagus sepertinya agak sulit jadi sangat saya sarankan bagi kalian untuk membaca "Cara membuat artikel yang baik"

SEO Friendly 2 : Buatlah backlink yang seimbang dan orisinil

Backlink
Backlink
Backlink merupakan makanan bagi blog, jadi backlink adalah penyupport energi untuk blog supaya tetap bediri dan dapat diindeks oleh mesin pencari, sama seperti makanan jika backlink yang kita tanam adalah backlink yang baik maka blog kita juga semakin baik begitu sebaliknya jika backlink yang kita tanam adalah baclink jelek, maka akibatnya adalah semakin jeleknya blog kita.
Backlink ada dua macam yaitu:

Backlink Dofollow, dan
Backlink Nofollow.

Backlink Dofollow

Backlink dofollow adalah backlink yang baik untuk blog kita, maksud dari backlink dofollow adalah jika kita meletakkan link yang menuju ke arah blog kita maka search akan menelusuri link tersebut dan akhirnya sampai ke blog kita. Dengan begitu maka search engine akan semakin mengenal blog kita dan akhirnya pandangan baik terhadap blog kita juga bertambah. jika tadi saya katakan kalau backlink adalah makanan blog, maka backlink dofollow adalah makanan blog yang mengandung banyak zat yang baik untuk blog kita.

Untuk mendapatkan backlink dofollow ada banyak macam caranya salah satu cara yang terbilang mudah untuk blogger baru adalah dengan bertukaran link dengan blog orang lain. baca "tukaran link"


Backlink Nofollow

Backlink nofollow adalah kebalikan dari backlink dofollow. Jika tadi backlink dofollow adalah backlink yang membuat mesin pencari mengindeks link tersebut, maka pada backlink nofollow adalah kebalikannya, jadi search engine tidak akan melacak link tersebut. Namun pelu di ketahui juga, bahwa link nofollow juga mempunyai beberapa manfaat. Link nofollow juga digunakan untuk menyeimbangkan link dofollow,yaitu jika kebanyakan link dofollow maka harus ditambah link nofollow, begitu sebaliknya jika kebanyakan link nofollow maka harus di tambah link dofollow.


SEO Friendly 3 : Gunakan template yang SEO Friendly

Template blog mempunyai peran yang sangat besar terhadap SEO Onpage pada blog, jadi sebaik apapun optimasi Onpage pada blog, tetapi templatnya tidak SEO friendly maka nilai Onpage pada blog tersebut akan menjadi jelek. jadi alangkah baiknya segeralah cari template yang sesuai dengan kalian tapi juga yang SEO friendly. Ada beberapa bagi kalian jika sedang memilih template blog.

  • Carilah di goolgle denagan kata kunci " Template blog SEO Friendly"
  • setelah kalian mendapatkan hasilnya, segeralah cek tingkat keseoan template tersebut
           Beberapa situs untuk mengecek tingkat keseoan blog.
                1. Chkme.com
                2. Seoanalyser.net

  • Jika kalian telah mengecek template tersebut dan ternyata memang SEO Friendly maka kalian boleh menggunakannya

SEO Friendly 4 : Penggunaan meta tag

Penggunaann meta tag sangat bagus untuk blog, namun karena disini saya tidak begitu mengerti tentang meta tag, jadi saya tidak akan mmebahasnya, untuk itu kalian bisa mencarinya sendiri di google.


SEO Friendly 5 : Menurunkan alexa rank

Alexa rank merupakan urutan kepopuleran blog berdasarkan banyak pengunjung yang mengunjunginya. Jadi semakin banyak pengunjung suatu blog, maka rank alexanya juga akan semakin baik. berbeda dengan page rank lainnya, justru pada alexa rank angka yang lebih kecillah rank yang lebih bagus.

Jika dilihat dari segi seo, alexa mungkin tidak memiliki peran yang begitu berarti, namun bagi pembaca itu adalah hal yang menakjubkan, apalagi jika blog kalian memiliki alexa rank yang sangat ramping. jika menurut saya sendiri alexa rank lebih bagus di gunakan untuk memperlihatkan seberapa besar kepopuleran blog kepada pengunjung, dengan begitu pengunjung dapat menilai seberapa besar kepopuleran suatu blog. Untuk blog yang masih baru pasti memiliki alexa rank yang sangat besar atau malahal belum terindeks oleh aleexa rank, tapi kalian tenang saja jarena ada sebuah cara untuk merampingkan angka alexa rank, dan bisa di baca " Cara merampingkan alexa rank super ampuh "


Sekian untuk artikel kali ini, jika memang ada kekurangan dari segi mana saja saya mohon maaf, karena saya sendiri juga masih dalam perjalanan belajar.
Salam

Baca juga :

20 Responses to "[HOT] Cara Membuat Blog Menjadi SEO Friendly"

  1. kalau saya mah gak terlalu fokus pada seo mas, dikarenakan postingan saya cuma asal posting, nggak mengacu pada niche tertentu, masalah seo biarlah itu jadi ususan si mbah sahaja

    ReplyDelete
    Replies
    1. terserah mas dah, semua orang kan memang punya pendapat yang berbeda-beda.

      Delete
    2. ikut berbincang donk mas,, bagi saya seo juga penting,,, dalam pmbuatan blog seo sangat berpengaruh pada peringkat blog kita.

      sebagai contoh saya punya blog baru yang kalli ini saya mau tekunin,, dan sekarang sudah 100% seo di Ckhme baik di halaman posting maupun halaman utama, kunjungan baliknya yah mas

      <a href='http://extroniks.blogspot.com>AlL Ex Tronik Store</a>

      Delete
    3. saya saranin jangan pakai chkme tapi pakai seositecheckup.com

      Delete
    4. Bikin backlink bagus tuh tapi lebih aman yang manual(original) alias ketik sendiri linknya manual ga pakai robot, bikin di blog atau website orang atau sosial media seperti http://sosialitaindonesia.com

      Delete
    5. sama sekali gak ngerti...hehe , kunjungi blog q yah , http://oktavialie.blogspot.com/

      Delete
  2. Oh ya gan, bukannya Chkme.com udah kena virus ya gan?
    tambahin ya gan, mempercepat loading juga menurut ane berpengaruh gan buat seo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa sob load blog memang mempunyai scor yang cukup tinggi untuk seo saat ini. tapi kalau masalah chkme saya kurang ngerti, soalnya sudah jarang pakai chkme. terima kasih sob udang mau berkunjung.

      Delete
    2. memang sepertinya begitu mas,, sering setiap buka ckhme IDM saya aktif dengan sendirinya dan mengunduh 2 file zip namun sya batalkan. tapi laptop saya jadi sering mati sendiri.

      Delete
  3. terima kasih juga sob udah berkunjung.

    ReplyDelete
  4. mantap gan, terima kasih banyak ya tips seonya. :D

    http://www.tvonlineku.com
    http://www.nontonseru.com

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Bermanfaat sekali infonya gan,,,

    <a href="http://www.seopraktek.blogspot.com/>www.seopraktek.blogspot.com </a>

    ReplyDelete
  7. wah bermanfaat banget bagi saya new blogger yang baru belajar tentang blog....
    mohon kunjungan balik dan pencerahan selanjutnya ya gan,,,
    http://www.benyaha.tk

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. terimakasih Gan..... sangat bermanfaat..
    mohon di kunjungi buat yang suka mempercantik tampilan komputer, ada tema gratis buat windows hhheee
    http://gaviethemes.blogspot.com/

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. thx om..
    lumayan refresinya...buat nambah ilmu...
    hehehe
    www.jakarta-serviceac.com

    ReplyDelete
  12. thx broh infonya, kunjungi blog ane juga yak :D
    follow jg klo bisa saling komeng juga . . .

    Site : http://yatogamichan.blogspot.com

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel